Minggu, 29 September 2013

Membaca Artikel, Grafik, dan Membaca Cepat

Artikel adalah karya tulis yang lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam media massa cetak, baik koran, majalah, maupun tabloid, dan sebagainya. Salah satu hal yang harus ditemukan dalam artikel adalah gagasan utama artikel. Gagasan utama atau pokok pikiran adalah masalah yang menjadi titik tolak pembicaraan (lisan) atau topik pembicaraan (tulis) dalam teks. Gagasan utama dapat ditemukan dalam kalimat utama pada sebuah paragraf, misalnya diawali paragraf (deduktif) dan di akhir (induktif).

Langkah-langkah menbaca artikel, yaitu:
  1. membaca sekilas judul, penulis, daftar isi, atau indeksnya
  2. membaca sekilas dengan menemukan gagasan utama tiap uraian.
Manfaat membaca berbagai artikel, yaitu:
  • menambah wawasan dan pengetahuan
  • mendapat hiburan
  • menemukan informasi penting yang kita butuhkan.
Grafik adalah sketsa atau gambaran perkembangan dari suatu proses. Hal yang perlu diketahui sebelum membaca informasi dari grafik adalah kemampuan, misalnya membaca skala, koordinat, perbandingan, atau pengetahuan statistik sederhana, seperti presentase jumlah maksimum, jumlah minimum, dan lain-lain.

Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas, sehingga mudah disimak. Untuk memahami isi tabel, seseorang harus dapat membaca informasi yang disusun dalam bentuk baris atau kolom. Fungsi tabel adalah untuk meringkas dan memperpendek informasi.

Bagan adalah skema atau gambar rancangan atau alat peraga untuk mempermudah penyajian data guna ditafsirkan.

Membaca cepat adalah kegiatan membaca yang tidak harus mengetahui semua makna kata per kata. Akan tetapi, secara sekilas untuk menemukan kata-kata kunci sebagai informasi pokok dalam bacaan. Ukuran kecepatan membaca untuk siswa kelas VII adalah 200 kata per menit. 

Hal-hal yang harus dihindari ketika membaca cepat adalah:
  • membaca bersuara
  • membaca mundur atau regresi
  • membaca dengan menunjuk tulisan
  • membaca dengan menggerakkan kepala
Categories: